Peta Nilai dan Indikator Pembelajaran Budaya Bangsa

A. Nilai Jenjang Kelasa, dan Indikator
Tabel berikut menggambarkan keterkaitan antara nilai, jenjang kelas, dan indikator untuk nilai itu. Indikator itu bersifat berkembang secara progresif. Artinya, perilaku yang dirumuskan dalam indikator untuk jenjang kelas 1 - 3 lebih sederhana dibandingkan perilaku untuk jenjang kelas 4 - 6. Bagi nilai yang sama, perilaku yang dirumuskan dalam indikator untuk kelas 7 - 9 lebih kompleks dibandingkan untuk kelas 4 - 6, tetapi lebih sederhana dibandingkan untuk kelas 10 - 12. Misalnya, bagi nilai religius, indikator “mengenal dan mensyukuri tubuh dan bagiannya sebagai ciptaan Tuhan melalui cara merawatnya dengan baik” untuk kelas 1-3 lebih sederhana dibandingkan indikator “mengagumi sistem dan cara kerja organ-organ tubuh manusia yang sempurna dalam sinkronisasi fungsi organ” untuk kelas 4-6 karena mengagumi sistem dan cara kerja organ lebih tinggi dibandingkan mengenal dan mensyukuri tubuh dan bagian tubuh. 
 1. KETERKAITAN NILAI DAN INDIKATOR UNTUK SEKOLAH DASAR
  
 


Share this article :
 

+ komentar + 1 komentar

17 Maret 2011 pukul 21.37

RPP silabusnya di tgu boss.....

Posting Komentar
 
Support : SLB Ananda Mandiri
Publis by Admin Gugus 17