Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa


           PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA
       DAN KARAKTER BANGSA

A. Latar Belakang 
Persoalan budaya dan karakter bangsa kini menjadi sorotan tajam masyarakat  dalam berbagai aspek kehidupan. Berbagai tulisan  di media cetak, wawancara, dialog, gelar wicara di media elektronik. Selain itu para pemuka masyarakat, para ahli, pengamat  pendidikan, dan pengamat sosial berbicara mengenai persoalan budaya dan  karakter bangsa di berbagai forum seminar, baik pada tingkat lokal, nasional,  maupun internasional.

Persoalan yang muncul di masyarakat seperti : korupsi, kekerasan,  
          kejahatan seksual,   perusakan, dll.
        •Berbagai alternatif penyelesaian diajukan seperti peraturan, undang- undang, peningkatan upaya pelaksanaan dan penerapan hukum yang   
                                                      lebih kuat.
     •        Pendidikan dianggap sebagai alternatif yang bersifat preventif karena pendidikan membangun   
              generasi baru bangsa yang lebih baik. Kurikulum adalah jantungnya pendidikan (curriculum is the  
              heart of education). Oleh karena itu, sudah seharusnya kurikulum, saat ini, memberikan perhatian 
              yang lebih besar pada pendidikan budaya dan karakter bangsa dibandingkan kurikulum masa  
              sebelumnya.
    •         Kementerian Pendidikan Nasional pada awal tahun 2010 menggambarkan adanya kebutuhan  
              masyarakat yang kuat akan pendidikan budaya dan karakter bangsa. 
            •Kepedulian masyarakat mengenai pendidikan budaya dan karakter bangsa telah pula menjadi   
             kepedulian pemerintah. Berbagai upaya pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa 
             telah dilakukan di berbagai direktorat dan bagian di berbagai lembaga pemerintah, terutama di  
             berbagai unit Kementrian Pendidikan Nasional.
            kebijakan pemerintah mengenai pendidikan budaya dan karakter bangsa dan menjadi salah    
              satu  program unggulan pemerintah, paling tidak untuk masa 5 (lima) tahun mendatang.  
              Pedoman   sekolah ini adalah rancangan operasionalisasi kebijakan pemerintah dalam    
              pendidikan  budaya dan karakter bangsa.
   
B.         Pengertian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa 
  •            Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3   
                 menyebutkan,   “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa   
                 yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta 
                didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, 
                 berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.
                Tu juan pendidikan nasional itu merupakan rumusan mengenai kualitas manusia Indonesia yang harus  
                  dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.
             Pengertian pendidikan budaya dan karakter bangsa perlu dikemukakan secara teknis.
                 Budaya diartikan sebagai keseluruhan sistem berpikir, nilai, moral, norma, dan keyakinan (belief)   
              manusia yang dihasilkan masyarakat. Sistem berpikir, nilai, moral, norma, dan keyakinan itu 
              adalah hasil dari interaksi manusia dengan sesamanya dan lingkungan alamnya.
  •         Karakter adalah watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil    
             internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk  
             cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak. Kebajikan terdiri atas sejumlah nilai, moral, dan  
            norma, seperti jujur, berani bertindak, dapat dipercaya, dan hormat kepada orang lain. Interaksi  
            seseorang dengan orang lain menumbuhkan karakter masyarakat dan karakter bangsa.
   •          Pendidikan adalah suatu usaha yang sadar dan sistematis dalam mengembangkan potensi peserta didik. Pendidikan  
                adalah juga suatu usaha masyarakat dan bangsa dalam mempersiapkan generasi mudanya bagi keberlangsungan 
                kehidupan masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan.

Share this article :
 
 
Support : SLB Ananda Mandiri
Publis by Admin Gugus 17