Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 1.1
Sekolah | : | SMPLB |
Mata Pelajaran | : | Pendidikan Agama Islam |
Kelas / Semester | : | VII / 1 |
Standar Kompetensi | : | 1. Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah |
Kompetensi Dasar | : | 1.1. Menjelaskan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah |
Alokasi Waktu | : | 1 X 40 menit ( 1 pertemuan) |
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan pengertian "Al" Syamsiyah, "Al" Qamariyah dan menyebutkan huruf-huruf Syamsiyah maupun Qamariyah.
Materi Pembelajaran
- Pengertian "Al" Syamsiyah
- Pengertian "Al" Qamariyah
- Huruf-huruf Syamsiyah
- Huruf-huruf Qamariyah
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
- Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif lam Qamariyah.
· Guru memberi penjelasan singkat mengenai pengertian “Al” Syamsiyah dan Qamariyah
· Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf syamsiyahd an qamariyah dalam kelompok masing-masing.
· Siswa berdiskusi dan mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah, menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
· Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, Jilid 1/ Kelas VII, Edisi Standar Isi 2006, Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga, Jakarta
· LKS MGMP PAI SMP
· Mushaf Al-Qur’an
· VCD pembelajaran
Penilaian :
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | KK | Aspek | Teknik Penilaian | ||||
1. Menerap-kan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah | 1.1. Menjelaskan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al” Qomariyah | § Menjelaskan pengertian "Al" Syamsiyah § Menjelaskan pengertian "Al" Qamariyah § Menyebutkan huruf-huruf Syamsiyah § Menyebutkan huruf-huruf Qamariyah | Pengetahu-an/Kognitif | v | v | v |
Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
Kompetensi Dasar/Indikator | Kriteria Pencapaian Ketuntasan Belajar Siswa (KD/Indikator) | Kriteria Ketuntasan Minimal | |||
Komplek Sitas | Daya dukung | Intake | Penget | Praktik | |
1. Menerap-kan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah § Menjelaskan pengertian "Al" Syamsiyah § Menjelaskan pengertian "Al" Qamariyah § Menyebutkan huruf-huruf Syamsiyah § Menyebutkan huruf-huruf Qamariyah |
Instrumen
1. Jelaskan pengertian “Al” Syamsiyah ! 2. Sebutkan huruf-huruf syamsiyah ! 3. Jelaskan pengertian “Al” Qamariyah ! 4. Sebutkan huruf-huruf qamariyah! 5. Apakah arti lafal syamsiyah? 6. Apakah arti lafaz qamariyah? 7. Mengapa “Al” Syamsiyah disebut juga idgham syamsiyah? 8. Mengapa “Al” Qamariyah disebut juga izhar qamariyah? |
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................